Jumat, 07 April 2017

belajar kaligrafi


Mengenal kaligrafi
Kaligrafi menurut bahasa adalah penyederhanaan dari “calligraphy” (kosa kata bahasa Inggris). Kata ini diadopsi dari bahasa Yunani, yang diambil dari kata kallos berarti beauty (indah) dan graphein : to write (menulis) berarti tulisan atau aksara, yang berarti: tulisan yang indah atau seni tulisan indah. Dalam bahasa Arab kaligrafi disebut khat yang berarti garis.
menurut istilah dapat diungkapkan, “calligraphy is handwriting as an art, to some calligraphy will mean formal penmanship, distinguish from writing only by its exellents quality” (kaligrafi ialah tulisan tangan sebagai karya seni, dalam beberapa hal yang dimaksud kaligrafi ialah tulisan formal yang indah, perbedaannya dengan tulisan biasa ialah kualitas keindahannya).
Kaligrafi memang ditelinga kebanyakan orang sudah tidak asing lagi, karena sudah sering terdengar dimasyarakat pada perlombaan musabaqah tilawatil Qur'an, yang diperlombakan mulai dari tingkat desa hingga tingkat internasional. walaupun sudah tidak asing lagi sebutan nama kaligrafi tetapi masih sedikit dari kebanyakan orang yang mengetahui ilmu kaligrafi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kaligrafi dekorasi

Kaligrafi Dekorasi Ialah suatu bentuk tulisan khad yang mengedepankan kaidah-kaidah anatomi huruf dan adanya hiasan-hiasan dalam pembuatan ...