Jumat, 07 April 2017

hiasan mushaf

 PENGERTIAN HIASAN MUSHAF

Hiasan Mushaf, mushaf ialah kata tunggal/mufrad dari kata jamak “Shohifah” yang artinya halaman/lembaran, hiasan mushaf biasanya di temukan pada awal surat yang ada didalam AL-QURAN, hiasan mushaf terdiri dari ornamen-ornamen dan hiasan atau zukhruf merupakan istilah orang turki ialah tehzib. Seni pembuatan ornamen/zukhruf/tehzib adalah seni pembuatan hiasan yang tidak bisa dipisahkan dari seni kaligrafi. Meskipun tidak semua jenis kaligrafi membutuhkan ornamen, tetapi beberapa jenisnya sangat membutuhkan ornament. Seni Ornamen sangat mempengaruhi perhatian orang terhadap sebuah karya kaligrafi, jadi ia terkait langsung dalam mendukung keindahan kaligrafi.

Diantara jenis karya tulis kaligrafi yang sangat membutuhkan ornamen ialah penulisan mushaf. Dalam penulisan mushaf AlQuran, telah lama digunakan hiasan hiasan yang diletakkan dipinggir, mengelilingi tulisan Al-Qurán. Kreasi hiasan mushaf sejak lama telah diperlombakan dalam MTQ Kaligrafi.



Berikut ini beberapa contoh ornamen hiasan mushaf :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kaligrafi dekorasi

Kaligrafi Dekorasi Ialah suatu bentuk tulisan khad yang mengedepankan kaidah-kaidah anatomi huruf dan adanya hiasan-hiasan dalam pembuatan ...